TINJAUAN POLITIS TERHADAP KENAIKAN BBM

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai, pembahasan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, dipolitisasi. Segala sesuatunya, kata Yudhoyono, dikait-kaitkan dengan kepentingan politik, kepentingan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Hal tersebut diungkapkan Yudhoyono dalam jumpa pers seusai memimpin rapat kabinet di Istana Negara, Jakarta, Jumat (31/3/2012). Kondisi yang demikian, lanjut Yudhoyono, membuat pembahasan dan pemikiran terkait opsi ini, berjalan kurang objektif dan rasional. Padahal, menurutnya, pemerintah mengajukan opsi kenaikan harga BBM semata-mata untuk menyelamatkan perekonomian nasional.

“Salah satunya yang perlu pemerintah lakukan adalah untuk bersama-sama DPR melakukan perubahan APBN 2012. Mengapa? Karena banyak hal yang sudah tidak sesuai lagi, misalnya harga minyak mentah, nilai tukar rupiah, takaran pertumbuhan, dan angka inflasi,” ujar Yudhoyono.

Kenaikan harga BBM yang akan terjadi sekarang ini memang tidak dapat dihindari. Rencana pemerintah untuk melakukan pembatasan subsidi BBM disebabkan perekonomian global yang melambat. Meski tidak mempengaruhi perekonomian Indonesia secara signifikan, dampaknya semakin terasa jika dikaitkan dengan harga minyak dunia.

Kenaikan harga minyak dunia itu semakin diperparah dengan anjloknya produksi minyak Iran sebagai penghasil minyak terbesar kedua di dunia dalam 30 tahun terakhir. Alasan politis inilah yang sangat mempengaruhi harga minyak.

Dengan naiknya harga bbm maka pihak yang paling dirugikan adalah masyarakat kalangan menengah kebawah karena dengan naiknya harga bbm maka harga segala kebutuhan pokok akan melonjak naik dan hal tersebut belum sesuai dengan kesejahteraan rakyat Indonesia. Adapun pihak yang diuntungkan dengan dinaikkannya harga bbm adalah pemerintah dan masyarakat golongan atas karena dana APBN yang semestinya digunakan untuk mensejahterahkan rakyat tetapi malah dipergunakan untuk kepentingan politik itu sendiri.

 

 

 

 

Sumber Referensi :

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: